banner 728x250   banner 728x250  

BPBD Aksi Bersih di Pantai Tanjung Bira Bulukumba

Indiwarta.com_ BULUKUMBA, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba, menggelar aksi bersih pantai yang bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan di Kawasan Wisata Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Sabtu (22/7/2023).

Kegiatan tersebut diadakan pada akhir pekan, sebagai langkah konkrit dalam merawat dan memelihara keindahan alam serta ekosistem laut.

banner 728x250  
   

Kepala BPBD Bulukumba, Andi Akrim Amir, memimpin pasukan BPBD dalam aksi bersih pantai tersebut. Ia menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu dari berbagai upaya yang dilakukan oleh pihaknya untuk menjaga kelestarian lingkungan dan keindahan alam di kawasan wisata Tanjung Bira.

“Menjaga kebersihan pantai menjadi sangat penting mengingat potensi kawasan tersebut sebagai destinasi pariwisata yang semakin populer di tingkat nasional,” ungkap Akrim Amir.

Tanjung Bira dipilih sebagai pusat kegiatan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang. Dengan adanya acara nasional tersebut, kebersihan dan keindahan kawasan Tanjung Bira menjadi sangat krusial, karena akan menjadi sorotan dan kebanggaan bangsa ketika memperingati momentum HUT Kemerdekaan RI.

Kepala BPBD juga menambahkan, bahwa melibatkan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya dalam aksi bersih pantai ini akan memberikan dampak yang lebih positif dan berkelanjutan. Selain itu, kegiatan semacam ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, termasuk dalam mengurangi jumlah sampah plastik yang berpotensi mencemari lingkungan laut.

Aksi bersih pantai yang dilakukan oleh BPBD Bulukumba mendapat respon positif dari para pengunjung dan pelaku pariwisata yang ada di kawasan Tanjung Bira.

Mereka memberikan apresiasi atas upaya nyata yang dilakukan oleh BPBD dan berharap agar kegiatan semacam ini dapat rutin dilaksanakan untuk menjaga kebersihan dan keindahan pantai yang menjadi daya tarik utama bagi pariwisata lokal.

Akrim berharap, langkah-langkah kecil seperti ini dapat memberikan dampak besar dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan di Kawasan Wisata Tanjung Bira serta memupuk kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian alam untuk generasi masa depan.

Kegiatan semacam ini juga menjadi contoh nyata bagi daerah lain untuk turut berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan, guna menciptakan pariwisata yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Diketahui, aksi bersih pantai ini berlangsung sampai hari Minggu, dengan sasaran pantai Panrang Luhu samping Pelabuhan Penyeberangan Bira. (*/Kamaruddin)

    
error: waiit