Dukung Progam Pemerintah Sulsel, Pj Bupati Takalar Ajak Warga Takalar Gerakan Menanam Pisang.

Dukung Progam Pemerintah Sulsel, Pj Bupati Takalar Ajak Warga Takalar Gerakan Menanam Pisang.

TAKALAR-Pj Bupati Kabupaten Dr. Setiawan Aswad, M. Dev. Plg dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengajak warga Desa Barugaya untuk bergabung dalam Gerakan Menanam Pisang. Acara ini diadakan di Kantor Desa Barugaya, Kecamatan Polongbangkeng Utara 10 November 2023.

Inisiatif ini berkaitan dengan Gerakan Gemar Menanam Pisang (G2MP) yang diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di bawah kepemimpinan Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. G2MP bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan dan menjaga ketahanan pangan di Sulsel.

Pj. Gubernur Sulsel Dr. Bahtiar Baharuddin M.Si. menargetkan penanaman satu miliar pohon pisang di Sulsel dengan luas lahan 500 ribu hektare. Menurut perhitungan, satu hektare lahan dapat menanam dua ribu pohon pisang, menghasilkan sekitar dua ribu tandan pisang. Dengan harga Rp100.000 per tandan, setiap hektare lahan berpotensi menghasilkan Rp200 juta.

Pemerintah Sulsel juga menjalin kemitraan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk membangun ekosistem bisnis budidaya pisang.

Pj Bupati Kab. Takalar Dr. Setiawan Aswad, M. Dev. Plg Dalam sambutannya, berharap Desa Barugaya bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kabupaten Takalar.

“Semoga dengan kedatangan kami disini, Saya kira desa barugaya ini bisa menjadi contoh untuk desa di kabupaten takalar, Harapan kita semoga di kab. Takalar bisa menjadi penghasil pisang yang besar karena saya tau, masyarakat kab. Takalar merupakan masyarakat yang sangat bekerja keras” Ujarnya

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Sitanjung Pratama Jakarta, Rio Erwanda, menyatakan dukungannya terhadap program Gubernur Sulsel sebagai pembeli pisang. Dia menyoroti manfaat ekonomi dari budidaya pisang dan optimisme terhadap potensi kekayaan para petani pisang.

“Saya sangat mendukung penuh program pemerintah gubernur sulsel, Semoga melalui Gerakan Menanam Pisang, masyarakat Sulsel khususnya  Kab. Takalar dapat menjadi penghasil pisang yang besar, mengangkat kesejahteraan masyarakat, dan mendukung ketahanan pangan di Sulawesi Selatan” Ujarnya

Hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD Kabupaten Takalar, Kadis Pertanian Kabupaten Takalar, Camat Polongbangkeng Utara, Pjs. Pimpinan Cabang Bank Sulselbar Takalar, Kepala Desa Barugaya, serta tokoh masyarakat dan masyarakat Desa Barugaya.

banner 728x250  
error: waiit