Ingin Belajar Inovasi Pendidikan, Dewan Pendidikan Kolaka Berkunjung di Dinas Pendidikan Takalar 

Indiwarta.com_ TAKALAR, Dewan pendidikan Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara, melakukan kunjungan kerja di Satuan Pendidikan TK, SD, dan SMP kabupaten Takalar. Rombongan pemerhati pendidikan itu disambut langsung oleh Jajaran Disdikbud Takalar, di Ruang kerja Kadisdikbud Takalar. Senin, 18 September 2023

   

Sebanyak delapan orang Dewan pendidikan dari berbagai unsur masyarakat di Kabupaten Kolaka terlihat begitu semangat berdiskusi dengan pihak Dinas pendidikan Takalar. Seusai diterima secara seremonial oleh Kabid Guru dan Ketenagaan, Sarianto. Rombongan Dewan pendidikan Kolaka diajak berkunjung kebeberapa sekolah favorit di Takalar.

Mereka pun diajak pihak Diknas pendidikan berkeliling melihat tiga sekolah di Takalar, mulai dari TK, kemala Bayangkari, kemudian SD No.1 center Pattallassang dan berakhir di SMP Negeri 2 Takalar. Semua sekolah yang dikunjungi terletak dipusat kota.

Di SD No 1 Centre Pattallassang, para pemerhati pendidikan Kolaka itu disambut meriah oleh penampilan siswa dan guru-guru. Diawali dengan Anngaru oleh Bocil kelas satu dan dilanjutkan dengan tari Malulo oleh para guru. Kegembiraan rombongan Kolaka pun bertambah saat ikut bergabung menari dengan guru disana

Ketua Rombongan Dewan Pendidikan Kolaka, Mujabbar S.Pd.,M.Si yang memimpin rombongan menyampaikan rasa takjubnya melihat beberapa sekolah yang dikunjunginya. Terkusus, sekolah Dasar Negeri No. 1 Centre Pattallasaang. Ia mengaku terhipnotis dengan Inovasi pendidikan dan kreatifitas sekolah itu.

“Kami begitu kagum dengan sekolah Dasar ini, mulai dari keramah pada proses penjemputan sampai pemaparan dari kepala sekolah. Belum lagi realita ruangan dan keadaan siswa begitu sesuai dengan gambaran yang kami inginkan, disini saya telah menemukan segalanya tentang pendidikan yang bermutu” Kata Orang Nomor Dua di Disdikbud Kolaka itu.

Selain memuji inovasi pendidikan dan keramahan pihak sekolah, Mujabbar juga menyampaikan keinginannya untuk mengundang kepala sekolah SD centre Pattallassang, Dra Siswati, untuk berbagi pengetahuan didaerahnya jika Ia berkenan.

“Menarik sekali inovasinya Bu Kepsek ini, kalau beliau berkenang akan saya undang khusus ke Kolaka untuk berbagi praktik baik dengan teman-teman pendidik disana. Paling utama para kepala sekolahnya, biar belajar dari bu Siswati ini. Disini kami telah menemukan semua sampel kebutuhan terkait Sekolah penggerak, guru penggerak serta IKM” Ujarnya saat berbincang lepas di ruang pertemuan SD Centre Pattallassang.

Sebelum berpamitan, Mujabbar dan rombongan Dewan pendidikan menitipkan cinderamata dan ucapan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Takalar atas pelayanan dan keramahan yang diberikan kepada mereka, baginya mustahil sambutan ini diperolah tanpa campur tangan kepala Dinas pendidikan

“Kami mewakili teman-teman Dewan pendidikan Kolaka sangat berterima kasih kepada Dinas pendidikan Takalar, dalam hal ini pak Kadis yang telah menyambut baik kedatangan kami semua. Mustahil penyambutan meriah ini kami dapat tanpa atensi dari beliau. Sekali lagi terima kasih banyak, kami menanti kunjungan balasan” Ungkap Mujabbar sambil saling menukar cinderamata.

Diketahui, Kedatangan Dewan pendidikan Kolaka itu untuk melaksanakan kegiatan Kunjungan Kerja di Satuan Pendidikan TK, SD, dan SMP sebagi sampel dalam acara sarasehan yang bertajuk temu konsultasi penguatan peran dan fungsi Dewan Pendidikan Kabupaten Kolaka di masa paska Pandemi Covid-19

Selain itu, Para Tokoh pendidik Kolaka itu ingin memastikan tingkat kepedulian BUMN dan BUMD dalam mendorong partisipasi masyarakat, serta satuan pendidikan berpartisipasi mengikuti program sekolah penggerak dan guru penegak, terhadap diklat guru dan kepala sekolah melalui jalur mandiri dalam pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka tahun 2023. (*)

  
error: waiit