PJ Bupati Setiawan Aswad Berikan Remisi di Lapas Takalar

Indiwarta.com_TAKALAR, Sebanyak 304 Warga Binaan dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Takalar mendapatkan Remisi Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78.

Penyerahan Surat Keputusan Pemberian Remisi bagi warga binaan tersebut, dilakukan secara simbolis oleh PJ Bupati Takalar, Dr. Setiawan Aswad, kepada perwakilan warga binaan di Lapas Takalar, tepat sebelum dilaksanakannya upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Tingkat Kabupaten Takalar, Kamis (17/8/2023).

   

Bupati Takalar dalam sambutan seragam Mentri Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia, pada pemberian remisi Umum peringatan HUT RI ke-78 kemerdekaan RI tahun 2023 pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang maha esa Allah SWT, yang senantiasa menganugerahkan nikmat dan karunianya sehingga pada hari ini kita masih mendapatkan kesempatan untuk menghadiri dan mengikuti peringatan HUT RI yang ke-78.

Dengan tema Terus Melaju untuk Indonesia Maju dan sekaligus di rangkaian dengan pemberian remisi umum tahun 2023, bagi narapidana dan anak binaan slogan kemerdekaan 78 tahun, dengan tema besar terus melaju untuk Indonesia Maju tentunya memiliki makna tersendiri yang diartikan untuk menghadapi perubahan kondisi pandemic.

Pemilihan tema ini berdasarkan pencapaian dalam wilayah Indonesia menjadi posisi bangsa ini menguntungkan dalam melanjutkan gerakan pembangunan negara.

Pencapaian ini merupakan wujud aksi nyata yang progresif dan dilanjutkan dengan pembangunan semangat estafet pada tahun ini mengajak seluruh elemen bangsa untuk maju bersama dengan menggelorakan semangat perjuang yang belum berakhir.

Selayaknya olahraga estafet, hari ulang tahun RI ini mereaksikan semangat kolektif harmoni kaloborasi dan singkronisa dan siraman senergi pimpinan dengan satu tujuan.

Kemerdekaan merupakan momen penting dalam perjalanan sebuah bangsa, terlepas itu semua sebagai warga yang merdeka kita bukan sebatas mempertahankan tetapi juga mengenang seluruh jasa dan pengorbanan para pejuang seiring waktunya kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2023. Sudah sepatutnya bagi kita untuk mengenang menghormati menghargai seluruh jasa-jasa pahlawan bangsa yang telah gugur yang telah mendahului kita dalam membela kedaulatan negara.

“Maka dari itu di hari yang berbahagia ini mari kita kenang kembali jasa para pahlawan yang telah menghantarkan negara ini, sehingga kita bisa bebas dari penjajahan dan mampuh berkumpul di tempat yang berbahagia ini melalui tema terus melaju untuk Indonesia Maju pemerintah Indonesia mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir mari kita mengisi hari kemerdekaan tersebut dengan berbagai kegiatan yang positif dalam rangka mempererat persatuan menambah wawasan mengenai kebangsaan, serta meningkatkan potensial terhadap negara,” paparnya.

Dijelaskannya, selain itu mari kita jadikan moment hari kemerdekaan sebagai ajang untuk menyusun strategi atau merencanakan kultikusi kecil yang bisa kita lakukan untuk kemerdekaan ini tetap terjaga senantiasa, agar negara ini menjadi damai kita berdoa kepada Tuhan yang maha esa agar kemerdekaan ini dapat dirasakan hingga anak cucu kita kelak nantinya,” ungkapnya.

Kemerdekaan Indonesia adalah Rahmat dan nikmat Allah SWT, atas perjuangan pengorbanan harta dan nyawa para pejuang dan seluruh rakyat Indonesia. Dan kemerdekaan Indonesia sebagai nikmat Allah SWT haruslah di sukuri dengan menyadari secara mendalam, bahwa kemerdekaan ini adalah penomena yang sangat mulia meneruskan amanah untuk di manfaatkan dan gunakan dalam meraih kembali kedaulatan negara.

Tentunya kemerdekaan ini adalah milik bangsa Indonesia tidak, terkecuali warga binaan pemasyarakatan. Oleh karena itu pemerintah memberikan apresiasi berupa pengurangan masa menjalani pidana atau remisi bagi mereka yang telah menunjukkan prestasi dedekasi dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti program sebagai warga binaan serta memenuhi syarat sebagaimana di atur dalam ketentuan perundangan- undangan yang berlaku.

“Pemberian remisi kepada warga binaan pemasyarakatan bukan semata-mata diberi,” katanya. (*/)

  
error: waiit