banner 728x250    

PKB Raih Sejumlah Kursi Pimpinan DPRD di Sulsel, Klaim Kursi Terakhir DPR RI Dapil Sulsel I

Indiwarta.com_ MAKASSAR – Ketua Bapilu DPW PKB Sulsel, Dr. H. Syamsu Rizal MI, S.Sos., M.Si, mengungkapkan, pencapaian suara PKB yang sangat baik ditingkat Provinsi Sulawesi Selatan adalah merupakan hasil kerja keras para caleg dan struktural kader PKB se-Sulsel, hingga mendongkrak pula nama baik PKB melalui para caleg untuk tingkat DPR RI.

Dijelaskannya, PKB telah mengumpulkan semua data hasil C1 (hasil perhitungan di TPS). Data tersebut, sebagai pegangan untuk mengantisipasi adanya pergeseran suara PKB ke partai lain.

   

Hal tersebut diungkapkan Syamsu Rizal MI, saat Silaturahmi dan Konfrensi Pers, terkait Update Hasil Pileg 2024, di Kantor DPC PKB Makassar, Jalan Hertasning, Pukul 15.00 Wita, Jumat (8/3/2024).

Hadir dalam kegiatan, selain Syamsu Rizal MI, hadir pula Ketua DPC PKB Makassar Fauzi Andi Wawo, S.Sos, Sekretaris DPC PKB Makassar Andi Makmur Burhanuddin, Bapilu DPC PKB Makassar Basdir dan sejumlah pengurus.

Deng Ical, sapaan akrab Syamsu Rizal MI, mantan Wakil Wali Kota Makassar itu mengklaim, bahwa PKB telah mengamankan kursi terakhir di DPR RI dari dapil Sulsel I dan mengalahkan NasDem yang mencoba merebut kursi kedua.

“Ada suara kita yang bergerak, ada yang berkurang sekitar ratusan. Tetapi kami menganggap, terjadi human error. Jadi kita meminta saksi kita, untuk menjaga suara partai,” tegasnya.

DPW PKB Sulsel juga telah menyiapkan kuasa hukum, lanjut Deng Ical, jika nantinya menghadapi sengketa Pemilu.

Ditempat yang sama, Ketua DPC PKB Makassar, Fauzi Andi Wawo menuturkan, bahwa optimis dengan perolehan tersebut. Karena data C1 internal partai, selisih banyak dengan NasDem dan sulit dikejar.

“DPR RI sebenarnya beberapa hari lalu sudah mengunci Sulsel 1. Selisih dengan NasDem, di atas 10 ribu. Data kami 100 persen,” tegas Fauzi Andi Wawo, anggota DPRD Provinsi Sulsel itu.

“Kami menunggu pleno KPU Provinsi. Kita berdoa, mudah-mudahan on the track,” ucapnya.

Diketahui, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Sulawesi Selatan, pun telah mengunci dengan meraih 7 kursi pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Sulsel untuk Pemilu 2024.

Partai besutan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) ini, meraih kursi Ketua DPRD Kabupaten Takalar. Adapun kursi wakil ketua, yakni di Kabupaten Jeneponto, Bulukumba, Bone, Wajo, Pinrang, dan Enrekang.

PKB memperoleh 8 kursi di DPRD Provinsi Sulsel dan berpeluang meraih kursi pimpinan di DPRD Sulsel, yakni Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulsel.

Berikut perolehan kursi PKB, di hampir 24 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan, yakni Makassar meraih 5 kursi, Gowa 1 kursi, Takalar 5 kursi, Jeneponto 6 kursi, Bantaeng 3 kursi, Bulukumba 6 kursi, Selayar 1 kursi, Sinjai 4 kursi, Bone 7 kursi, Wajo 6 kursi, Pare-pare 2 kursi, Pinrang 5 kursi, Barru 2 kursi, Pangkep 2 kursi, Maros 3 kursi, Luwu 4 kursi, Luwu utara 3 kursi, Luwu timur 1 kursi, Enrekang 3 kursi.

Ini hasil Pileg 2024, perolehan suara sementara 8 Caleg terpilih DPR RI Dapil Sulsel I :

KURSI KE – 1 PARTAI NASDEM, HJ. Fatmawati Rusdi, S.E., M.M. 106.788

KURSI KE – 2 PARTAI GOLKAR, DRS. Hamka B. Kady, MS. 119.552

KURSI KE – 3 PARTAI PKS, HJ. Meity Rahmatia, S.E., S.Pd., M.M. 97.824

KURSI KE – 4 PARTAI GERINDRA, Dr. H. Azikin Zolthan, M.Si. 54.669

KURSI KE – 5 PARTAI PAN, Drs. H. Ashabul Kahfi, M.Ag. 92.590

KURSI KE – 6 PARTAI PDIP, Ridwan Andi Wittiri, S.H. 80.350

KURSI KE – 7 PARTAI PPP, Dr. H. M. Amir Uskara, M.Kes. 94.285

KURSI KE – 8 PARTAI PKB, Dr. H. Syamsu Rizal MI, S.Sos., M.Si. 48.788.

NB : Lima petahana kembali terpilih dan dua petahana tumbang. (*/Arman)

  
error: waiit