banner 728x250    

Sosialisasi Pembentukan Koperasi Desa Untuk Peningkatan Potensi Ekonomi Lokal Kab Takalar

TAKALAR, INDIWARTA.COM – Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Takalar bekerjasama dengan PKK Kabupaten Takalar menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan fasilitasi pembentukan koperasi desa serta koperasi berbadan hukum. Acara ini berlangsung di Gedung PKK Kabupaten Takalar 08/07/2024

Hj. Ratna Dewi B, SE, M.AP, selaku ketua panitia penyelenggara ini mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pendirian koperasi serta memberikan pemahaman kepada pengurus koperasi mengenai tata cara pengelolaan yang baik sesuai dengan peraturan yang berlaku, terutama UU Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang peran pemerintah dalam pembinaan koperasi, dengan harapan ilmu yang didapat dapat diterapkan secara nyata untuk kemajuan ekonomi masyarakat.

   

Sitti Ni’mah Kasim, SE, Kadis Koperasi UKM Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Pemerintah Kabupaten Takalar, menyampaikan bahwa acara ini merupakan upaya konkret dalam mendukung ekonomi lokal, sekaligus membuka acara ini.

“Kami berharap kegiatan ini dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarga dan masyarakat, khususnya di Kabupaten Takalar,” ujarnya.

Dalam arahnya Pj ketua Tp Pkk Kabupaten Takalar Sri Astuti Thamrin S. SI, M. Stat, Ph.D, berharap dengan diadakan kegiatan ini, Koperasi takalar dapat menjadi wadah kolaborasi yang efektif untuk mengoptimalkan potensi ekonomi lokal

“Dengan digelarnya kegiatan ini, diharapkan masyarakat Takalar semakin tergerak untuk aktif dalam membentuk koperasi sebagai salah satu instrumen ekonomi lokal yang dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi pembangunan dan kesejahteraan bersama. Koperasi diharapkan dapat menjadi wadah kolaborasi yang efektif untuk mengoptimalkan potensi ekonomi lokal, meningkatkan daya saing, serta menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat” Ujarnya

Acara ini juga dirangkaian dengan pemaparan materi dari Sri Astuti Thamrin S. SI, M. Stat, Ph.D, sebagai pj Ketua PKK Kabupaten Takalar, serta Zaenal dan Kamaruddin DM, SE, MPd. Materi yang dipresentasikan mencakup berbagai aspek terkait pendirian koperasi, memberikan panduan praktis bagi calon pengurus koperasi yang ingin memulai usaha secara berkelanjutan.

Kegiatan sosialisasi dan pembentukan koperasi ini merupakan langkah awal yang signifikan dalam upaya membangun ekonomi berkelanjutan dan inklusif di Kabupaten Takalar. Dengan demikian, Pemerintah Kabupaten Takalar melalui berbagai instansi terkait terus berupaya untuk mendukung inisiatif yang mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata dan berkelanjutan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Hadir dalam kegiatan ini 60 orang yang terdiri dari pengurus PKK setiap desa di Kabupaten Takalar serta pengurus koperasi wanita dari tiap kecamatan, Hadir pula 10 perwakilan calon pembentukan koperasi, ketua pokja dari dua kecamatan se-Kabupaten Takalar, ketua PKK desa sebanyak 10 orang, dan pendamping koperasi. (*)

  
error: waiit