KIE Obat dan Makanan, Aliyah Mustika Ilham : Menciptakan Masyarakat Sadar Kesehatan

Indiwarta.Com_ Makassar, Anggota DPR RI, Aliyah Mustika Ilham terus gencar dan masif melakukan sosialisasi komunikasi, informasi dan Edukasi (KIE) untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

“Melalui sosialisasi KIE ini, mampu menciptakan masyarakat sadar kesehatan dan melahirkan konsumen cerdas,” jelasnya, di Hotel Swiss BellHotel Swiss Bell, Makassar, Minggu (16/4/2023).

   

Aliyah Mustika Ilham menyampaikan hal itu menyikapi beberapa kejadian terkait beredarnya makanan dan obat yang membahayakan bagi konsumen.

“Maka sosialisasi KIE terkait obat dan makanan yang aman, sangat penting dalam menyikapi kasus terkait dengan dunia kesehatan itu, selalu waspada dan juga terus mempunyai informasi terkini terhadap masalah yang terjadi terutama masalah keamanan obat dan makanan serta kesehatan,” lanjutnya.

Aliyah Mustika Ilham berharap, para peserta sosialisasi KIE yang digelar bersama mitra Balai Besar POM di Makassar dapat menambah pemahaman masyarakat sehingga dapat melindungi diri sendiri, keluarga maupun masyarakat di lingkungan sekitar melalui informasi yang didapatkan.

“Melalui sosialisasi KIE, kita mempunyai tujuan untuk bisa meningkatkan pengetahuan tentang keamanan obat dan pangan, memperluas penyebaran KIE kepada masyarakat mengenai makanan aman, bermutu dan bermanfaat serta peningkatan peran serta berbagai pihak dalam pengawasan makanan yang beredar,” katanya.

Plt Kepala Balai Besar POM di Makassar, Sriyani Rasyid, S.Si,Apt menuturkan, sosialisasi terkait pengawasan dan ketahanan obat dan makanan sangat penting dilakukan baik oleh BPOM maupun pihak terkait lainnya.

Sriyani menjelaskan, ada tiga pilar utama dalam melakukan pengawasan tersebut, yakni pemerintah dalam hal ini BPOM serta Instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, kedua pelaku usaha yang harus punya komitmen untuk menjamin mutu, keamanan serta khasiat produk, serta terakhir masyarakat.

“Masyarakat harus menjadi konsumen yang cerdas untuk memilih obat dan makanan yang digunakan dan melalui sosialisasi ini kita harapkan peserta yang hadir bisa menyebarluaskan serta menularkan informasi ini ke masyarakat di lingkungan sekitar,” terangnya. (*/Arman)

  

Tinggalkan Balasan

error: waiit