banner 728x250    

Pj. Bupati Takalar Pimpin Apel Besar Hari Pramuka Ke-62 Tahun 2023

Indiwarta.com_ TAKALAR, Pramuka merupakan bagian dari program ekstrakulikuler disatuan pendidikan. Dimana pramuka memiliki peranan penting dalam membentuk siswa/siswa, sebab dalam pramuka terdapat kegiatan yang bisa mengembangkan karakter, jelas Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad, M. Dev. Plg selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Takalar pimpin Apel Besar Hari Pramuka Ke-62 Tahun 2023, Sabtu 16/9/2023 di Lapangan HM. Dg. Sibali.

   

Adapun tema utama peringatan Hari Pramuka Ke-62 yaitu “Dengan Peringatan Hati Pramuka Ke-62, Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati menyampaikan agar semangat gerakan pramuka terus digalakkan, disamping itu wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara.

“Kwartir cabang telah menaruh perhatian pada peningkatan kualitas gugus depan pramuka dimana pun berada. Untuk itu, kepada semua kwartir ranting dapat turut membantu meningkatkan kualitas gugus depan yang berada diwilayahnya masing-masing” imbuhnya

Ia juga menambahkan kepala sekolah merupakan sosok kunci yang memegang peranan penting dalam pengembangan kegiatan kepramukaan disetiap pangkalan/madrasah. Peran tersebut yakni berupa dukungan agar kegiatan pramuka sebagai wadah pembinaan karakter peserta didik dan generasi muda bisa berjalan dengan eksis.

“Saat ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka sedang berupaya untuk memperbaiki undang-undang No. 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka dan membangun sistem aplikasi yang mengarah kepada era digitalisasi agar gerakan pramuka tidak tertinggal serta dapat mengikuti perkembangan zaman. Melalui perbaikan undang-undanga tersebut kita berharap pengembangan teknologi dan informasi akan dapat menjadikan gerakan pramuka semakin berdaya guna dan berhasil guna” harap Pj. Bupati. 

Kegiatan Apel besar ini di ikuti ± 10.000 peserta yang dirangkaikan dengan pertunjukan Parade Semaphore yang diikuti siswa/siswi tingkat penggalang SD, SMP, penegak SMA dan juga Taman Kanak-Kanak (TK) dan penyerahan penghargaan kepada seluruh pendamping dan peserta rainas yang diserahkan oleh Pj. Bupati Takalar.

Turut hadir pada apel akbar tersebut Anggota Forkopimda Takalar, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Takalar, Ketua Harian, para Wakil Ketua dan para Andalan Cabang, kakak-kakak Mabiran dan para Ketua Kwartir Ranting.

(*/FR)

  
error: waiit