Dua Incamben Kepala Desa Tidak Ikut Dalam Perhelatan Pilkades Bantaeng 2023, Ada Apa ??

Indiwarta.com_Bantaeng, Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel), akan menggelar pilkades serentak tahun 2023.

Hal itu di benarkan Kepala Bidang (Kabid) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bantaeng, Muzakkir, kepada awak media.

   

“Inshaa Allah pelaksanaan pemilihannya pada tanggal 30 Oktober, jatuhnya di hari Senin,” kata Muzakkir di Kantornya, Jl Andi Mannappiang, Kecamatan Bantaeng.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, sebanyak 25 desa akan menggelar pilkades serentak ,25 desa tersebut tersebar di seluruh Kecamatan di Bantaeng.

“Ada 25 desa dari total delapan kecamatan yang ada di Bantaeng,” ucapnya.

25 desa itu kata Muzakkir, dua kepala desa (kades) saat ini dipastikan tidak akan mendaftarkan diri sebagai calon kepala desa (cakades).

Sebab, masa kepemimpinan dua kades tersebut telah genap 18 tahun (tiga periode).

“Hanya dua kades yang tidak bisa lagi mencalonkan diri, Kades Bontodaeng dan Pattalassang, cuma itu,” tambahnya.

Sejauh ini, pihaknya telah melakukan tahapan sosialisasi kepada masyarakat,Tahapan sosialisasi tersebut akan disusul dengan pembentukan panitia pilkades sebanyak 225 orang.

“Dalam aturan regulasi itu lima orang, tujuh sampai sembilan orang, tapi kita ambil perencanaan dari kabupaten, kalau sembilan orang di kali 25 desa berarti 225 orang panitia,” ungkapnya.

Ia pun lantas berharap, agar pelaksanaan pilkades di Butta Toa ini berjalan dengan kondusif.

“Kita harapkan pilkades ini damai dan kita buat suasana gembira, ini kan kontestasi jangan sampai ada gesekan-gesekan. Jadi tolong kita harus sama-sama menjaga situasi kondusif,” terangnya.

Sekedar diketahui, jadwal pelantikan calon terpilih akan berlangsung pada tanggal 9 Desember 2023.

(Red/Amal)

  
error: waiit