Adhyaksa Camp Pramuka 2023, Kajati Sulsel : Memberikan Edukasi

Indiwarta.com_ MAKASSAR, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (Kajati Sulsel), Leonard Eben Ezer Simanjuntak SH, MH, resmi membuka kegiatan pramuka Adhyaksa Camp tahun 2023, di bumi perkemahan SMP Negeri 14 Makassar, Jumat (16/6/2023).

   

Kegiatan tersebut, dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 yang mengusung tema “Membentuk Karakter Jiwa Adhyaksa”.

Kajati Sulsel Leonard Eben Ezer Simanjuntak, SH, MH, selaku pembina upacara pembukaan kegiatan Adhyaksa Camp Pramuka 2023 yang diselenggarakan oleh Kejaksaan Negeri Makassar, bersama Dinas Pendidikan Kota Makassar.

Dalam kegiatan ini, turut pula dihadiri Pejabat Utama Kejati Sulsel, yaitu Wakajati Sulsel Zet Tadung Allo, SH, MH. Asisten Pembinaan Nur Asiah, SH, MH, Asisten Tindak Pidana Umum Zuhandi, SH, MH, Asisten Tindak Pidana Khusus Yudi Triadi, SH, MH, Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Feri Tas, SH, MH, Asisten Pengawasan Supardi, SH, MH., Asisten Pidana Militer Dr. M. Asri Arief, SH. MSi. CTMP dan Plt Asisten Intelijen M. Ruslan, SH, MH., KTU Kejati SulSel Alfian Bombing, SH, MH. Kepala Kejaksaan Negeri Makassar Andi Sundari, SH, MH. beserta jajarannya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar H. Muhyiddin, SE, MM.

Dan juga dihadiri oleh 50 orang Kepala UPT SPF SMP se-Kota Makassar, selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus (Mabigus), serta Pembina Pendamping sebanyak 200 orang.

Upacara Pembukaan Adhyaksa Camp Pramuka 2023, diikuti oleh Anggota Pramuka Putra dan Putri, tingkat penggalang SMP sebanyak 100 regu dengan total peserta sebanyak 800 penggalang.

Kajati Sulsel Leonard Eben Ezer Simanjuntak, mengaku bangga dan terharu. Atas semaraknya dan meriahnya pelaksanaan kegiatan Adhyaksa Camp 2023 ini seraya memuji dihadapan seluruh peserta upacara.

Sembari mengenang masa-masa kecil saat menjadi pelaksana upacara, pada kegiatan Pramuka. Dengan bangga beliau berpesan ”Semoga anak-anak pramuka yang mengikuti acara ini dapat melahirkan adhyaksa-adhyaksa muda, yang dapat memimpin bangsa ini dari Sulawesi Selatan untuk Indonesia,” terang Kajati Sulsel.

Dalam Amanatnya Kajati Sulsel Leonard Eben Ezer Simanjuntak, juga menyampaikan bahwa Kegiatan Adhyaksa Camp Pramuka 2023 ini. Dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-63. Yang diperingati setiap tanggal 22 Juli.

Adapun tema HBA ke-63 tahun 2023 ini yakni “Membentuk Karakter Jiwa Adhyaksa”. Tema ini sangat relevan dengan tugas dan peran seorang Adhyaksa, sebagai garda terdepan dalam memperjuangkan keadilan dan melindungi hak-hak warga negara.

Kegiatan “Adhyaksa Camp 2023” merupakan kegiatan yang kedua kalinya dilaksanakan sejak Tahun 2022. Kegiatan ini juga telah menjadi agenda Kejaksaan Negeri Makassar bersama Dinas Pendidikan Kota Makassar.

Yang akan rutin dilaksanakan tiap tahunnya sebagai bentuk pembinaan, yang hendaknya menjadi pelopor dalam membangun nilai dan sikap serta perilaku sejak dini. Melalui berbagai ragam kegiatan Gerakan Pramuka.

”Selama kegiatan perkemahan ini, anak-anakku dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, serta memperkuat tali silaturahmi antar sesama peserta. Dan juga diharapkan dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapi dengan semangat kebersamaan dan kejujuran,” papar Kajati Sulsel.

Selain itu kami berharap, kegiatan ini dapat memberikan edukasi kepada anak- anak sekalian, untuk mengenal Lembaga Kejaksaan RI dan pemahaman hukum sejak dini bagi generasi muda. Yang selaras dengan Tupoksi Kejaksaan RI dalam Program Penerangan Hukum dan Program Jaksa Masuk Sekolah. Sebagai wujud tanggungjawab bersama untuk membentuk watak masyarakat dalam peningkatan kesadaran hukum.

”Mari kita jadikan Adhyaksa Camp ini sebagai wahana untuk menambah keteguhan iman, mempucuk rasa percaya diri, sikap mandiri, dan rasa nasionalisme yang tinggi,” ungkapnya.

Selain itu, tujuan Camp ini untuk mengajarkan anak-anak kebiasaan untuk mengenal lingkungan dan alam secara dekat karena alam memberikan materi pelajaran dan sebagai media evaluasi yang bagus.

Dengan begitu, anak-anak akan menjadi pribadi yang tangguh dan siap menghadapi setiap tantangan yang ada di masa depan dan saya berharap anak-anakku sekalian dapat menikmati kegiatan ini dengan sepenuh hati dan membawa pulang pengalaman yang berharga.

Kajati Sulsel Leonard Eben Ezer Simanjuntak juga berharap, kedepannya Adhyaksa Camp tidak hanya menjadi agenda tetap yang di ikuti anak-anak pramuka perwakilan SMP di Makassar. Namun dapat pula diikuti oleh seluruh pramuka SMP di Sulsel dan pada akhirnya menjadi Agenda Adhyaksa Camp Nasional.

”Kami ingin dan bercita cita membentuk anak-anak Pramuka Sulsel yang kedepannya menjadi Generasi Emas dan Pemimpin Masa Depan Indonesia dan Sulsel hebat dalam pembangunan yang bersih KKN dan penyalahgunaan Narkoba sehingga dapat menjadikan Sulsel tolok ukur keberhasilan pembangunan. “Dari Sulsel Untuk Indonesia”, tutup Leonard Eben Ezer Simanjuntak. (*/Arman)

  
error: waiit