Festival Kopi Toraja 2023, “Make Toraja Coffee Great Again!”

Indiwarta.com_ TORAJA UTARA, Menuju Festival Kopi Toraja 2023; “Make Toraja Coffee Great Again!”. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, bersama Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, serta Bank Sulselbar melalui Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Toraja Utara serta para penggiat Kopi Toraja, akan menggelar Toraja Coffee Festival (TCF) 2023, pada tanggal 24-26 Agustus mendatang.

Festival ini dilaksanakan, sebagai bentuk perhatian serius terhadap perkembangan kopi Toraja dan dalam rangka memperingati Hari Kopi Dunia 2023.

   

 

Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong, dalam konferensi pers di Tori’ Café Rantepao mengatakan, slogan Make Toraja Coffee Great Again yang diangkat dalam festival ini sejalan dengan misi pemerintah bersama para pengusaha serta petani Kopi Toraja untuk mengembalikan kejayaan Kopi Toraja, baik dari sisi produktifitas maupun kualitas.

“Festival ini bertujuan untuk merayakan seni, ilmu dan budaya kopi Toraja. Dengan fokus merangkul keragaman rasa kopi Toraja, metode pembuatan kopi, kisah di balik secangkir kopi Toraja dan dalam berbagai semangat menyatukan semua masyarakat,” ungkap Wakil Bupati Toraja Utara, yang akrab disapa Deddy, Kamis (17/8/2023).

Dijelaskan Frederik, aroma dan kenikmatan kopi Toraja yang khas sudah sangat terkenal dan menjadi pilihan favorit para pecinta kopi di seluruh dunia.

Untuk itu, katanya, pihaknya memberikan perhatian serius terhadap perkembangan kopi Toraja.

“Mengingat peran seluruh pihak sangat berpengaruh dalam mengembangkan kualitas produksi kopi Toraja dan menjaga eksistensi kopi Toraja. Festival ini akan menghadirkan petani kopi dari beberapa daerah/oringin di Toraja, koperasi kopi, pengelolah kopi, pengusaha kopi dan pemiik coffee shop yang ada di Toraja serta secara terbuka mengundang para penggiat kopi dari berbagai daerah yang ada di Sulawesi Selatan,” papar Frederik Viktor Palimbong, melalui keterangannya.

Sementara, ketua Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Toraja Utara, Damayanti Batti menyatakan, rangkaian kegiatan TCF 2023 meliputi Barista Camp yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2023 di Sesean Suloara.

Kemudian, pada tanggal 25-26 Agustus 2023 di Gedung Van De Loosdrecht meliputi kompetisi kopi (Manual Brew, Latte Art, Barista), workshop bagi barista pemula, pameran kopi Toraya dan UMKM pendukung, TCF Run, Coffee Colouring (lomba mewarnai), live music, games, dan tentunya minum kopi Toraja bersama.

“Acara ini akan menghadirkan perjalanan memikat bagi semua penggiat, penggemar, penikmat sesekali, penikmat sejati kopi Toraja andalan,” ucap Damayanti Batti.

Kegiatan TCF terbuka untuk umum dan semua kalangan masyarakat. informasi lengkap mengenai pendaftaran dan pelaksanaan kegiatan dapat dilihat pada official account Instagram @festivalkopi.toraja. (*/Arman)

  
error: waiit