banner 728x250    

HUT Toraja Utara Ke-15 dan Bantuan Rp8 M, Gubernur Sulsel : Umpemeloi Toraya

Indiwarta.com_ TORAJA UTARA, Puncak perayaan Peringatan Hari Jadi ke-15 tahun Kabupaten Toraja Utara, berlangsung di Lapangan Bakti Kecamatan Rantepao, Jumat (21/7/2023) siang.

Tema HUT ke-15 bertajuk ‘Dengan Semangat Kebersamaan Kita Melaksanakan Pembangunan Menuju Toraja Utara yang Mandiri, Berbudaya dan Berdaya Saing’ dirangkaian sekaligus Pembukaan Festival Budaya Toraja ke 2 Toraja Utara tahun 2023, Mana’ Lepongan Bulan.

   

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman (Andalan) hadir bersama istri, Ny. Naoemi Octarina dan putranya.

Jajaran pejabat Pemprov Sulsel juga turut hadir, diantaranya mantan Pj Bupati Toraja Utara, Amson Padolo sekaligus Kepala BPBD Pemprov Sulsel, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan Subbidang Keuangan, Since Erna Lamba dan Asisten III Bidang Administrasi Pemprov Sulsel, Tautoto Tana Ranggina.

Hadir pula Direktur PT Bank Sulselbar, H. Yulius Suandi, Anggota DPRD Sulsel Fraksi Demokrat, Jufri Sambara, jajaran Forkopimda Toraja Utara, para Anggota DPRD, Ketua BPS Gereja Toraja, Pdt. Alfred Anggui, para pendeta dan pastor, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dan tamu undangan.

Sebelum puncak acara, diawali persembahan tarian dari sanggar tari Pakaraya Art dan pembacaan singkat sejarah Toraja Utara.

Gubernur Andalan menyampaikan selamat Hari Jadi Toraja Utara ke 15 tahun, Ia selama menjabat Wakil Gubernur dan Gubernur Sulsel tidak pernah absen memperingati HUT dan saat ini kehadiran terakhirnya merayakan HUT di bumi Pongtiku ini diakhir masa periodenya.

“Sejak masa kampanye lima tahun lalu, janji saya datang Umpemeloi Toraya (memperbaiki Toraja) dan bukti kami tidak pernah begeser untuk membangun Toraja Utara ini,” ungkapnya dengan jelas.

Lanjut Sudirman Sulaiman, Kabupaten Toraja Utara mempunyai anggaran APBD Provinsi tertinggi kedua di Sulsel dan tertinggi pembangunannya selama 15 tahun mekar dari Tana Toraja.

Dijelaskan, sejumlah ruas jalan provinsi yang dibangun Pemprov Sulsel saat ini diupayakan selesai, beberapa telah selesai dan digunakan masyarakat untuk transportasi antar daerah.

Lanjutnya, tahun 2024 ada anggaran untuk pelebaran jalan ruas Batusitanduk-Pantilang, penerbangan subsidi Toraja-Balikpapan sudah tanda tangan dan tanggal 4 Agustus 2023 pesawat sudah terbang kembali.

“Toraja Utara saya anggap kampung saya juga, apa yang sudah saya lakukan untuk Toraja,” beber Sudirman Sulaiman.

Diakhir sambutannya, adik mantan Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman itu mendoakan agar Toraja Utara tidak boleh terintegrasi kepercayaan diri menurun, karena merasa terisolir dari daerah lainnya.

Ia berharap, pemerintah daerah terus percaya diri dan bangkit tanpa melihat perbedaan dan profesional dalam bekerja.

“Janga baper dan jadilah manusia sejati, bekerja dengan tulus jangan dengarkan sesuatu yang menjadi hiruk pikuk pembangunan daerah kita ini,” harap Gubernur Andalan.

Setelah sambutan, dilanjutkan penyerahan bantuan pembangunan infrastruktur jalan, jembatan dan taman Andalan dan program desa Andalan sebesar Rp 8 Miliar, bantuan CSR mobil operasional Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman, Lingkungan Hidup dan Pertanahan dari Bank Sulselbar dan Rp 150 juta untuk mendukung pembangunan sarana dan lembaga keagamaan.

Dilanjutkan pelepasan deville budaya jajaran OPD/SKPD dan 21 Kecamatan sekaligus membuka launching Kopi Andalan dan mengunjungi stand Toraja Coffee International Festival mencoba beragam rasa kopi asal Tana Toraja dan Toraja Utara. (*/Arman)

  
error: waiit