Pangdam XIV Hasanuddin Resmi Tutup TMMD ke-117 Kodim 1426 Takalar TA 2023

Indiwarta.com_ TAKALAR, Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han) secara resmi menutup kegiatan TMMD Reguler ke 117 Kodim 1426/Takalar Korem 141/Toddopuli.

Bertindak selaku Komandan Upacara, Letkol Inf Muhammad Amin, S.I.P Dandim 1425/Jeneponto. Upacara penutupan TMMD tersebut berlangsung di Lapangan Sepak bola Baba Kelurahan Bontokaddato Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Kamis, (10/8/2023).

   

Usai upacara dilanjutkan dengan Penyerahan bantuan sembako bagi masyarakat kurang mampu, pemberian tali asih bagi Anak Yatim Piatu dan Pengobatan Massal. Diantaranya pemeriksaan kesehatan mata dan lainnya, selain itu juga penyerahan bantuan para pemenang lomba Olahraga sepak bola, sepak takraw dan bola voli.

Dalam sambutannya, Pangdam XIV/Hasanuddin mengatakan, bahwa pada pagi hari ini kita semua sama-sama dengan senang hati menghadiri acara penutupan TMMD ke 117 di wilayah Kabupaten Takalar ini.

“Perlu saya sampaikan bahwa kodam XIV/Hasanuddin sesuai dengan perintah dari pimpinan angkatan darat pada tahun anggaran 2023 TMMD ke 117 melaksanakan kegiatan TMMD di 4 wilayah Kabupaten diantaranya adalah Kabupaten Takalar, dan semua kegiatan TMMD dilaksanakan secara serentak dan dibuka bersamaan dan semua ditutup pada hari ini,” ujar Pangdam.

Diungkapkannya, adapun keterlibatan, yaitu melibatkan seluruh satuan jajaran TNI secara perwakilan teman-teman dari Kepolisian, pemerintahan daerah kemudian masyarakat, pelajar/mahasiswa dan para tokoh tokoh yang ada di wilayah, dan sasaran juga sama untuk membantu mengatasi kesulitan atau permasalahan yang ada diwilayah.

Sasaran TMMD, yaitu mulai dengan perintisan jalan, pembuatan talud, pembuatan gorong-gorong, pembuatan jembatan, dan juga beberapa sasaran non fisik, baik penyuluhan kesehatan, wawasan kebangsaan, ketertiban, keagamaan dan yang tidak kalah pentingnya adalah sasaran tambahan yang merupakan nilai tambah atau poin dari kegiatan TMMD diluar anggaran yang sudah diprogramkan yaitu, bedah rumah, dan pembuatan MCK.

Artinya bahwa, kegiatan TMMD ini dilaksanakan oleh angkatan darat , tujuannya untuk membantu pemerintahan daerah dan program ini rutin dilaksanakan tiap tahun.

“Adapun Sasaran yang diambil berdasarkan masukan dari satuan bawah, hasil rapat mulai dari kantor kecamatan, koramil, kepolisian, kemudian di angkat ke pemerintahan daerah, kemudian kodim ke Korem, kemudian diserahkan kepada kami disajikan dalam rapat di Mabes Angkatan Darat,” paparnya.

Ditempat yang sama, Pangdam didampingi Pj. Bupati Takalar, Ketua DPRD Takalar dalam sebuah wawancara dihadapan awak Media mengatakan, “Pada hari ini seluruh jajaran kodam XIV Hasanuddin melaksanakan penutupan TMMD ke 117,” ucapnya.

“Ini program dari angkatan darat dan sesuai perintah dari bapak KASAD bahwa TMMD ini dilaksanakan gabungan, baik dengan TNI sendiri dan kepolisian, pemerintah daerah dan seluruh masyarakat,” katanya.

Tujuannya untuk membantu mengatasi kesulitan yang ada di masyarakat dan sasaran yang dipilih ini sudah berdasarkan sasaran dari bawah, dari masyarakat dari Kecamatan dengan Danramil kemudian ke Kodim, Korem, Kodam.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan ini yang pertama, sinergi kebersamaan antara TNI angkatan darat, kepolisian dan masyarakat harus kita kuatkan. Yang kedua apa yang sudah dilakukan oleh kita lebih menggunakan anggaran dari pemerintah daerah anggaran dana angkatan darat supaya bisa dinikmati hasilnya oleh masyarakat kemudian memperlancar dan meningkatkan ekonomi negara.

Ditempat yang sama, PJ. Bupati Takalar mengatakan, ”Kami dari pemerintah daerah Kabupaten Takalar menyampaikan ucapan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak Pangdam XIV Hasanuddin beserta jajarannya yang sudah bersama-sama dengan pemerintah Kabupaten Takalar memecahkan berbagai permasalahan dimasyarakat ini,” terang Pj. Bupati Takalar.

Sementara ketua DPRD Takalar, juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pangdam XIV Hasanuddin atas terselenggaranya semua progres TMMD ke 117 ini. (*/)

  
error: waiit