Pelindo Regional 4 Makassar, Pertumbuhan Kinerja Positif di Enam Bulan Pertama 2023

Indiwarta.com_ MAKASSAR, Enam bulan pertama 2023, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 4 Makassar, berhasil mencatat kinerja yang cukup gemilang. Pertumbuhan kinerja Pelindo Regional 4 Makassar, bahkan rerata di atas 100 persen.

Kinerja ini tercatat lebih baik dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu atau semester pertama 2022.

   

Pelindo Regional 4 Makassar yang mengelola Pelabuhan Makassar yang menjadi hub dan terbesar di Kawasan Timur Indonesia (KTI), berhasil meraih kinerja arus penumpang, arus barang non peti kemas, dan arus kapal dengan angka pertumbuhan yang cukup epik di semester pertama 2023.

“Kami sangat bersyukur dapat meraih pertumbuhan yang rerata di atas 100% khususnya di tiga lini bisnis, yakni arus penumpang, arus barang non peti kemas, dan arus kapal,” jelas General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid melalui siaran persnya, Kamis (3/8/2023).

Sebagai pengelola pelabuhan yang cukup terkenal dengan arus keluar masuknya, pertumbuhan terbesar yang diraih Pelindo Regional 4 Makassar, yakni dari segi jumlah penumpang kapal yang naik dan turun di Pelabuhan Makassar.

Pada semester pertama tahun lalu, kata Suhadi, jumlah arus penumpang yang wira wiri di Pelabuhan Makassar mencapai sebanyak 316.015 orang.

“Di semester I tahun ini jumlah itu mengalami pertumbuhan sebesar 134,44 persen,” ujarnya.

Selanjutnya, arus barang non peti kemas di pelabuhan kelolaan Pelindo Regional 4 Makassar juga bertumbuh sebesar 119,45 persen. Dari angka realisasi sebanyak 1.324.960 ton/m3 pada semester pertama tahun lalu, di periode yang sama tahun ini angka tersebut merangkak ke posisi 1.582.721 ton/m3.

Menyusul arus kapal yang angkanya mencapai 17.745.994 Gross Tonnage (GT) di enam bulan pertama 2023. “Atau mengalami pertumbuhan sebesar 110,26 persen dibandingkan enam bulan pertama tahun lalu,” terang Suhadi.

Dibandingkan dengan realisasi pada semester I tahun lalu dan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2023 menurut GM Pelindo Regional 4, pihaknya juga mencatatkan pertumbuhan rerata di atas 100 persen, yakni masing-masing untuk arus penumpang sebesar 102,35 persen, arus barang non peti kemas 116,44 persen, dan arus kapal mencapai 107,72 persen.

Dia optimistis semua angka pertumbuhan kinerja pada semester I tahun ini yang telah berhasil diraih masih akan bergerak. Tentunya berbagai upaya juga akan terus dilakukan demi mencapai target kinerja tahun ini yang telah ditetapkan.

“Salah satu upaya yang kami lakukan adalah dari segi pelayanan yang akan selalu ditingkatkan,” pungkas Suhadi. (*/Arman)

  
error: waiit