banner 728x250    

Pj Bupati Bersama DPRD Takalar setujui Ranperda Tata Ruang Wilayah

INDIWARTA.COM,TAKALAR–Rapat Paripurna DPRD Kab. Takalar dalam rangka Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi pembahasan antara DPRD dengan Bupati tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kab. Takalar berlangsung di Ruang Rapat Lt. II DPRD Takalar, Kamis (21/12/2023).

Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kab. Takalar Darwis Sijaya dihadiri Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kab. Takalar, Sekda Takalar, Perwakilan Forkopimda Takalar dan Pimpinan OPD Kab. Takalar.

   

Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad, M. Dev.,Plg dalam rapat tersebut menyampaikan sesuai amanat konstitusi bahwa rencana tata ruang wilayah setidaknya harus memuat kebijakan strategis nasional, penguatan tentang ruang terbuka hijau, penentuan kawasan hutan, mitigasi bencana, batas daerah dan garis pantai. Ini semua adalah muatan-muatan strategis yang harus tertuang dalam rtrw kita.

“Saya yakin jika kita mengingat kembali arah kebijakan perencanaan tata ruang kita, maka issu-issu yang ada bisa kita jawab melalui rencana tata ruang. Adapun arah kebijakan penataan ruang yang sudah disepakati bersama seperti pengembangan sektor ekonomi primer, sekunder dan tersier berbasis perikanan dan kelautan sesuai dengan keunggulan kawasan, peningkatan produktivitas wilayah melalui verifikasi lahan, penguatan fungsi kawasan lindung yang meliputi hutan lindung” Jelasnya.

Selanjutnya, pengembangan berbagai bentuk pemanfaatan sumber daya alam yang berbasis konservasi guna meningkatkan kesejahteraan rakyat, pembangunan sarana prasaran wilayah yang berkualitas untuk memenuhi hak dasar dan peningkatan fungsi pertahanan dan keamanan dan pengembangan kawasan budidaya kelautan yang dilengkapi dengan saran dan prasana di pulau-pulau kecil.

Pj. Bupati juga menambahkan bahwa dengan adanya tata ruang ini maka kemudahan dan kepastian investasi bisa kita berikan kepada para pelaku usaha.

“Rencana tata ruang wilayah kita sudah diupayakan baik dari sisi struktur ruang yang ada, penetapan ruang yang bisa dikembangkan dan juga sudah dipetakan kawasan-kawasan strategis yaitu kawasan yang memiliki fungsi utama dan memiliki daya saing tinggi” Tutup Dr. Setiawan.

Dalam rapat paripurma tersebut dirangkaikan dengan penandatangan persetujuan bersama antara Bupati dan Pimpinan DPRD Kab. Takalar terhadap Ranperda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kab. Takalar Tahun 2023-2042.

  
error: waiit