Pj. Bupati Takalar Launching Kurikulum Literasi Al-Qur’an Tingkat SD dan SMP

Indiwarta.com_ TAKALAR, Dalam meningkatkan ilmu agama kepada generasi kita, Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad, M. Dev. Plg telah melaunching Kurikulum Literasi Al-Qur’an tingkat SD dan SMP, di Baruga I Mannindori Kantor Bupati Takalar, Rabu (2/8/2023).

“Hari ini kita berada dimajelis yang amat mulia dimana kita menjadi pelaku sejarah untuk kemaslahatan generasi muda yang akan menentukan masa depan bangsa khususnya Kabupaten Takalar,” pungkasnya.

   

Ia pula menambahkan, kurikulum daerah muatan lokal literasi Al-Qur’an ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an bagi umat islam dalam rangka penghayatan dan pengamalan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi peserta didik. Hal ini sejalan dengan Perda Kabupaten Takalar No. 13 tahun 2003 tentang baca tulis Al-Qur’an pada sekolah dasar (SD), madrasyah ibtidaiyah (MI).

“Saya sangat mengapresiasi tim pengembangan kurikulum muatan lokal literasi Al-Qur’an Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Takalar yang telah berhasil merampungkan panduan atau acuan untuk implementasi di sekolah-sekolah,” jelasnya .

Pj. Bupati berharap, melalui implementasi litarasi Al-Qur’an ini dapat mengatasi masalah tentang masih banyaknya anak-anak kita diusia sekolah yang masih buta baca tulis Al-Qur’an, sehingga apa yang menjadi tema kita hari ini “Membudayakan Literasi Al-Qur’an Sejak Dini” dapat menjadi kenyataan.

Sementara itu, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Takalar, Muhammad Nurdin, S.Pd, M. Pd, pada kesempatan yang sama menyampaikan lahirnya ide ini tidak terlepas dari wejangan Gubernur Sulsel dan Pj. Bupati Takalar, bahwa sesorang bisa menjadi manusia yang bermanfaat ketika kita mampu membuat regulasi yang dapat mengantarkan anak-anak kita menjadi anak-anak seutuhnya dan memegang teguh kepada agamanya.

“Di zaman modern ini, kita sebagai orang tua harus pintar membentengi anak-anak kita dengan ilmu agama agar terhindar dari pergaulan yang dapat merusak akhlak anak-anak. Pemkab. Takalar tentunya sudah mengantisipasi hal tersebut dengan dilaunchingnya kurikulum ini,” tutupnya.

Kegiatan Launching tersebut, dihadiri Perwakilan Forkopimda Takalar, Kepala Kemenag Takalar, Ketua BKPRMI Takalar serta para guru agama tingkat SD/SMP se-Kabupaten Takalar. (*/)

  
error: waiit