Pj Gubernur Sulsel 2023, Prof Aswanto atau Komjen Nana Sudjana!

Indiwarta.com_ JAKARTA, Masa jabatan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, sisa berhitung hari. Tanggal 5 September 2023, Andi Sudirman akan mengakhiri masa bakti jabatan Gubernur Sulsel 2018-2023.

Ia akan digantikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur, yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

   

Beredar kabar, nama Prof. Dr. Aswanto, S.H., M.Si., DFM, disebut-sebut menguat akan dipilih Jokowi mengisi kekosongan jabatan Gubernur Sulsel. Mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin itu, dinilai layak menjadi Pj Gubernur Sulsel.

Saat ini, Prof Aswanto menduduki jabatan sebagai Staf Ahli Bidang Hukum Kementerian Informatika dan Komunikasi. Sebelumnya, Prof Aswanto adalah Hakim di Mahkamah Konstitusi sejak 2014-2023.

Kini, sumber media ini menitindonesia di Jakarta, menyebut nama Prof Aswanto sudah ada di meja Jokowi. Bahkan, sumber tersebut mengatakan, Prof Aswanto sudah dipanggil ke Istana beberapa waktu lalu. “Sisah diteken Jokowi, suratnya sudah siap. Prof Aswanto juga sudah dipanggil Pak Jokowi ke Istana, ketemu empat mata. Tapi ada kekuatan dari Sulsel yang berusaha gagalkan,” ungkap sumber tersebut, di Jakarta, Selasa (29/8/2023).

Sumber lain juga menyebutkan, selain Prof Aswanto, juga menguat nama Inspektur Utama Setjen DPR RI, Komjen Purn Nana Sudjana. “Nama Pak Nana diusulkan banyak tokoh masyarakat di Sulsel. Sekarang sementara dipertimbangkan Pak Jokowi, antara Prof Aswanto atau Pak Nana Sudjana. Keduanya dianggap sangat layak dan memenuhi syarat,” jelas salah satu sumber lain yang sangat layak dipercaya.

Sumber tersebut mengatakan, Nana sering dibicarakan untuk diusulkan menjadi Pj Gubernur di Sulsel atau di Jawa Barat. Nana juga pernah menjadi Kepala Polda di Jabar dan di Sulsel. “Jadi cukup mengenal karakter masyarakat karena pengalamannya sebagai Kapolda,” ucapnya.

Diketahui, selain kedua nama tersebut, nama-nama lain juga sempat menjadi pembicaraan di DPRD Sulsel, masing-masing Dr. Drs. Bahtiar, M.Si. (Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negari), Laksamana Madya TNI AL Abdul Rivai Ras (Staf Ahli Bidang Kemaritiman Kementerian Politik, Hukum dan Keamanan) dan Dr. Jufri Rahman, M.Si. (Staf Ahli di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi).

Sebelumnya, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartikasari mengatakan, nama-nama yang selama ini disebut-sebut semuanya memenuhi syarat sesuai perundang-undangan.

“Jadi kita percayakan saja ke pemerintah pusat untuk menunjuk siapa yang dianggap cocok jadi Pj Gubernur Sulsel,” katanya. (*/)

  
error: waiit