banner 728x250    

Potensi Angin Kencang Disertai Petir, Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Sulsel Selama Seminggu

Indiwarta.com_ MAKASSAR – BMKG Wilayah IV Makassar, kembali mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang kemungkinan bisa terjadi di kabupaten/kota di Sulsel, dalam tujuh hari kedepan.

Peringatan dini cuaca ekstrem BMKG Wilayah IV Makassar ini, berlaku mulai 23 Januari 2024 hingga 29 Januari 2024 mendatang.

   

Dalam peringatan dini cuaca ekstrem BMKG Wilayah IV Makassar tersebut, sejumlah wilayah di Sulsel berpotensi mengalami hujan ekstrem disertai angin kencang dan petir.

Berikut beberapa wilayah di Sulsel yang mendapatkan peringatan dini cuaca ekstrem BMKG Wilayah IV Makassar :

Peringatan dini, cuaca ekstrem 23 -25 Januari 2024

Hujan ekstrem disertai angin kencang dan petir berpotensi terjadi di Kabupaten Barru, Enrekang, Gowa, Selayar, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Makassar, Maros, Palopo, Pangkep, Takalar, Tana Toraja, dan Toraja Utara.

Peringatan dini, cuaca ekstrem 26 – 29 Januari 2024

Hujan ekstrem disertai angin kencang dan petir berpotensi terjadi di Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Palopo, Sinjai, dan Toraja Utara.

Sebelumnya, BMKG Wilayah IV Makassar mengeluarkan imbauan untuk warga Makassar dan sekitarnya, untuk mewaspadai fenomena cuaca ekstrem.

Fenomena cuaca ekstrem menjadi perhatian BMKG Wilayah IV Makassar, mengingat Kota Makassar dan sekitarnya saat ini tengah memasuki puncak musim hujan.

BMKG Wilayah IV Makassar menjelaskan, di periode puncak musim hujan pada sebagian wilayah Sulsel, cuaca ekstrem sering kali terjadi.

Beberapa fenomena cuaca ekstrem yang kerap dijumpai seperti hujan lebat, puting beliung, hujan es dan suhu ekstrem.

Hujan lebat, yakni hujan intensitas sedang dan lebat yang dapat disertai kilat petir, dan angin kencang. (*/Arman)

  
error: waiit