Rutan Makassar Komitmen Bersih dari Narkoba, di Peringatan HANI

Indiwarta.com_ MAKASSAR, Jajaran Rutan Kelas I Makassar, menggelar Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2023, yang dirangkaikan dengan Penutupan program Rehabilitasi bagi warga binaan. Kegiatan tersebut berlangsung, di Lapangan Olahraga Rutan Kelas I Makassar, Rabu (5/7/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel, Drs. Liberti Sitinjak, MM, M.Si., Kepala BNN Provinsi Sulsel, Brigjen Pol. Drs. Giri Prawijaya, M.Th., Walikota Makassar, Ir. Mohammad Ramadhan Pomanto, Para Kepala Divisi di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulsel, serta para tamu undangan.

   

Membuka kegiatan tersebut, Kepala Rutan Kelas I Makassar, Moch. Muhidin mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk komitmen untuk Bersinar (Bersih dari Narkoba) dan juga sebagai bentuk apresiasi kepada warga binaan yang telah melaksanakan program rehabilitasi di Rutan Makassar.

“Hari Anti Narkotika Internasional adalah momentum yang digunakan sebagai bentuk ekspresi tekad yang kuat untuk mencapai tujuan masyarakat internasional yang bebas dari penyalahgunaan narkoba,” jelasnya.

“Selama kurang lebih 6 (enam) bulan Warga Binaan Rutan Kelas I Makassar menjalani kegiatan rehabilitasi pemasyarakatan. Kegiatan rehabilitasi pemasyarakatan ini melibatkan 70 (tujuh puluh) orang Warga Binaan yang dibimbing dan diedukasi melalui konseling individu, terapi pendekatan kelompok dan seminar,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Rutan Kelas I Makassar, Moch. Muhidin juga membacakan ikrar Anti Narkoba sebagai komitmen bersama seluruh jajaran Rutan Makassar, untuk Bersih dari Narkoba.

Acara kemudian dilanjutkan dengan menampilkan yel-yel Anti Narkoba dari peserta rehabilitasi, Pemberian Hak Cipta lagu Bersinar (Bersih dari Narkoba) yang diberikan langsung oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Sulsel, kepada Kepala Rutan Kelas I Makassar.

Selanjutnya, penyerahan sertifikat telah mengikuti program rehabilitasi kepada perwakilan warga binaan, yang diberikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel, Kepala BNN Provinsi Sulsel dan Wali Kota Makassar serta didampingi oleh Kepala Rutan Kelas I Makassar.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan penghargaan atas dukungan program rehabilitasi Pemasyarakatan kepada Kepala BNN Provinsi Sulsel dan Ketua IKAI (Ikatan Konselor Adiksi Indonesia) oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel didampingi oleh Walikota Makassar dan Kepala Rutan Kelas I Makassar. (*/Arman)

  
error: waiit