banner 728x250    

Timnas Indonesia dan Prediksi Lolos Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Indiwarta.com_ JAKARTA – FANS Timnas Indonesia, sudah bisa berbicara melihat Timnas Indonesia mentas di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Sebab, Timnas Indonesia hanya membutuhkan tambahan tiga angka dari dua laga sisa Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia untuk menyegel tempat di babak ketiga.

   

Bahkan, kalah sekalipun di dua laga sisa kontra Irak (6 Juni 2024) dan Filipina (11 Juni 2024) masih meloloskan Timnas Indonesia ke babak selanjutnya (dengan syarat). Karena itu, peluang Timnas Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia bisa dibilang mencapai 70 persen.

Babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, akan diikuti 18 negara yang berasal dari penghuni posisi satu dan dua Grup A sampai I di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Sebanyak 18 negara ini akan dibagi ke dalam tiga grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan enam negara.

Sebelum drawing dilakukan yang diprediksi digulirkan pada Juli atau Agustus 2024, AFC akan melakukan penentuan pot drawing terlebih dulu. Pot drawing ditentukan berdasarkan ranking FIFA Juli 2024.

AFC akan membagi 18 negara itu ke dalam tiga pot, yang mana masing-masingnya potnya berisikan enam negara. Jika berdasarkan ranking FIFA saat ini dan tim-tim yang menghuni posisi satu dan dua klasemen sementara Grup A sampai I, bagaimana penampakan pembagian pot drawing? (Okezone akan membuat simulasinya di akhir artikel).

Nantinya, di masing-masing grup terdiri dari dua negara penghuni pot 1, 2 dan 3 (total enam negara). Hal itu berarti, Timnas Indonesia yang hampir pasti menempati pot 3, akan berjumpa dua perwakilan pot 1, dua perwakilan pot 2 dan satu perwakilan pot 3.

Untuk lolos ke Piala Dunia 2026 via babak ketiga ini, Timnas Indonesia wajib finis dua besar (total ada enam negara yang lolos ke Piala Dunia 2026 via babak ketiga). Jika bicara realistis, tentu butuh usaha ekstra karena skuad asuhan Shin Tae-yong harus bersaing dengan negara-negara top macam Jepang, Iran, Korea Selatan, Australia, Qatar dan Arab Saudi.

Belum lagi keberadaan Irak, Uzbekistan, Uni Emirat Arab dan Yordania yang bisa membuat gebrakan. Karena itu, target realistis Timnas Indonesia adalah mengintip peluang lolos ke Piala Dunia 2026 via babak keempat.

Nantinya, tim yang menempati peringkat tiga dan empat di masing-masing grup akan tampil di babak keempat. Babak keempat akan diikuti enam negara. Sebanyak enam negara ini dibagi ke dalam dua grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan tiga negara.

Tim yang finis di posisi satu di masing-masing grup berhak lolos ke Piala Dunia 2026. Sementara itu, tim yang finis di posisi dua di masing-masing grup akan tampil di babak playoff, tepatnya di babak kellima Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia . Tim yang menang, akan kembali tampil di babak playoff antarkonfederasi untuk memperebutkan satu tiket.

Berikut prediksi pembagian pot drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia :

 

Pot 1

 

Jepang

Iran

Korea Selatan

Australia

Qatar

Arab Saudi

 

Pot 2

 

Irak

Uzbekistan

Uni Emirat Arab

Yordania

Oman

Bahrain

 

Pot 3

 

China

Suriah

Palestina

Kirgistan

India

Indonesia. (*/Arman)

  
error: waiit