Workshop Entrepreneur di UNM, Elias Robert : Keberanian dan Semangat

Indiwarta.com_ MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM), kembali menggelar Workshop Entrepreneur yang dilaksanakan oleh HIMAGARA FIS-H UNM Periode 2022-2023, di Pelataran Menara Phinisi, Selasa (12/9/2023).

Kegiatan ini menghadirkan sejumlah pembicara, diantaranya Elias Robert, SE, MH (Direktur PT Reel Satu Perkasa) membawakan materi Produk dan Pemasaran, Prof. Dr. Hj. Aslinda, M.Si (Wakil Dekan FIS-H UNM Bidang Pelaratan dan Administrasi Umum) membawakan materi Kewirausahaan, Chandranan Arief, SE (UPT PLUT KUMKM Sulawesi Selatan) membawakan materi Pemasaran.

   

Adapun tema yang diusung, yakni “Kunci Sukses UMKM : Produk dan Pameran”.

Melalui tema ini, Elias Robert mendorong seluruh pelaku UMKM di Sulsel terkhusus di Makassar, percaya diri atau pede dalam berinovasi dan berbisnis, agar dapat membawa perubahan signifikan bagi perekonomian Indonesia.

Elias seorang pengusaha muda sukses, penggiat wirausaha dan terus memotivasi untuk jadi pengusaha bagi kalangan anak muda saat ini terutama mahasiswa. Ia pula intens masuk kampus, bertemu dengan pemuda, organda, dan masyarakat umum.

“Terlebih, ada banyak pihak yang punya komitmen mendukung pelaku UMKM dan wirausaha muda di Tanah Air, apalagi khususnya di Sulsel. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi adik-adik mahasiswa, masyarakat dan pelaku UMKM,” terang Elias Robert, dikonfirmasi usai Workshop.

Di hadapan ratusan orang mahasiswa dan dibarengi pula dengan sesi tanya jawab, Elias Robert mengharapkan, agar kerja sama dalam berwirausaha tersebut dapat mendorong pelaku bisnis ekonomi digital saat ini, khususnya kalangan UMKM meningkatkan kapasitas dan daya saingnya.

 

Setiap individu punya kesempatan untuk sukses, termasuk anak muda. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meraih kesuksesan, salah satunya dengan membuka bisnis atau menjadi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Sayangnya, semangat anak muda untuk membuka usaha, kerap terhalangi pikiran bahwa mereka harus memiliki modal besar terlebih dahulu. Padahal, membangun usaha bukan perkara modal saja. Landasan lain yang tak kalah fundamental adalah keberanian dan semangat. Dengan spirit ini, kamu bisa memulai bisnis meski memiliki modal yang minim,” tegasnya.

Transformasi Digitalisasi Telah Merambah ke Berbagai Sektor

Oleh karena itu, diungkapkan Elias Robert, dimasa saat sekarang ini, pemasaran secara digital diperlukan untuk bisa memperkenalkan produk kepada calon pelanggan. Dengan seringnya mereka membuka media sosial, semakin besar mereka bisa melihat produk anda. Manfaatkan kesempatan ini, untuk melakukan pemasaran digital dengan menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, line, whatsapp, dan tiktok.

Bahwa salah satu contoh, dengan berjualan online juga, menurut Elias Robert, akan mengoptimasikan pemanfaatan teknologi yang selama ini ada dalam genggaman setiap orang.

Diungkapkan Elias Robert, bahwa pemerintah telah mencanangkan GO DiGital 30 juta UMKM di 2024.

“Tekad baja, semangat enterpreneurship harus di miliki pelaku usaha. Menjadi tangguh dan tidak mudah menyerah. Terus berinovasi.. nonton youtube yang benar. ATM… Amati, Tiru, Modifikasi. Produk harus merupakan Passion kita. Jangan ikut-ikutan yang bukan passion kita,” tuturnya dengan jelas.

“Ini merupakan kesempatan adik-adik semua agar tidak ragu lagi, handphone kita jangan hanya digunakan untuk istilahnya WA grup, kedua untuk kirim pesan yang ya bisa dibilang dari teman-teman yang lain, ketiga untuk mengerjakan soal contekan, tapi gunakan sebagai sarana kita untuk menjadi entrepreneur atau technopreneurship,” jelas Elias Robert, SE, MH. (Arman)

  
error: waiit