banner 728x250   banner 728x250  

Diskominfo-SP Sulsel – NFA, Persiapan Pembangunan Sistem Informasi Pangan dan Gizi

Indiwarta.com_ MAKASSAR, Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Provinsi Sulawesi Selatan (Prov. Sulsel), menerima kunjungan perwakilan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Pangan Badan Pangan Nasional (National Food Agency/NFA) di Ruang Kerja Sekretaris Diskominfo-SP Prov. Sulsel, Rabu (21/6/2023).

Kunjungan tersebut, dalam rangka pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI) dan Perbadan Nomor 3 Tahun 2023 tentang Satu Data Pangan, di mana Pusdatin Pangan NFA saat ini sedang mempersiapkan pembangunan Sistem Informasi Pangan dan Gizi.

banner 728x250  
   

Rencananya pada sistem tersebut akan dilaksanakan integrasi data pangan untuk mendukung layanan bagi pakai data antar instansi pusat dan daerah.

Perwakilan Pusdatin Pangan NFA, Ikha Fitria Herdyanti didampingi oleh perwakilan BRIN selaku tim support NFA tersebut diterima oleh Sekretaris Diskominfo-SP Sulsel, Andi Taufik dan Kepala Bidang Statistik Diskominfo-SP Sulsel, Fitra.

Dalam kesempatan tersebut, Ikha menyampaikan, bahwa Pusdatin Pangan NFA selaku walidata di pusat akan melakukan koordinasi dengan walidata di daerah terkait sistem yang akan dibangun tersebut. Hal tersebut seusai dengan amanat UU Pangan dan PP Ketahanan Pangan.

“Untuk di tingkat pusat, kami telah berkoordinasi dengan walidata di tingkat pusat, di Kementerian dan Lembaga. Kemudian untuk di daerah, kami berkoordinasi dengan Dinas Pangan dan Diskominfo Provinsi, dan salah satunya di Sulawesi Selatan ini,” jelas Ikha.

Ditambahkannya lagi, bahwa sesuai dengan amanat tersebut, banyak variabel data di daerah mencakup informasi pangan dan gizi yang dibutuhkan Pusdatin Pangan NFA.

“Selain data yang dibutuhkan itu, kami dari Pusdatin Pangan Badan Pangan Nasional juga nantinya akan menaungi data-data yang ada di daerah. Untuk proses integrasinya ke depan kita kan berkoordinasi dengan walidata, jadi kami ingin mengetahui kesiapan walidata di daerah, khususnya terkait aplikasi ataupun proses integrasinya,” terangnya.

Andi Taufik menyambut baik kunjungan yang dilakukan NFA di Sulawesi Selatan. Menurutnya, koordinasi yang dilakukan ini bisa menjadi wadah untuk sharing pengetahuan.

“Terima kasih atas kunjungannya. Saya kira ini bisa menjadi tempat untuk saling tukar pengetahuan. Kami selalu siap untuk berkoordinasi dengan siapapun, termasuk Badan Pangan Nasional,” ungkap Andi Taufik.

Sementara itu, terkait aplikasi, Fitra menjelaskan, bahwa Pemprov Sulsel telah memiliki aplikasi yang mengintegrasikan data di Sulawesi Selatan.

“Kita sudah punya portal Satu Data Sulsel yang tidak lama lagi akan integrasi dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Lingkup OPD Pemprov Sulsel dan akan terus dikembangkan sampai ke kabupaten/kota. Namun, jika nantinya ada integrasi dengan sistem Integrasi Pangan dan Gizi yang akan dibangun, kami terbuka untuk itu,” papar Fitra. (*/Arman)

    
error: waiit