Kebakaran Hutan di Malino, Pemkab Gowa Gerak Cepat Lakukan Pemadaman

Indiwarta.com_ GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, saat ini terus berusaha memadamkan kebakaran hutan di Kota Malino, Kecamatan Tinggimoncong.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan pun telah menginstruksikan, agar Dinas Pemadam Kebakaran setempat dengan cepat menurunkan armada dan anggotanya untuk melakukan pemadaman.

   

“Kami juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati. Termasuk untuk tidak membakar sampah sembarangan maupun membuang puntung rokok di sembarang tempat,” katanya, Kamis (28/9/2023).

Menurutnya, dengan musim kemarau yang terjadi saat ini menyebabkan rumput yang ada di lahan hutan kering. Dengan kondisi rumput kering ini dinilai sangat mudah terjadi kebakaran.

“Kita berharap masyarakat bisa bekerja menjaga supaya tidak ada potensi kebakaran hutan, tidak membuang dan membakar sampah sembarangan, dan tidak membuat hal-hal yang dapat menimbulkan kebakaran,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Gowa, Rostam Razak mengatakan, saat ini pihaknya telah menurunkan 2 (dua) unit mobil pemadam kebakaran dalam memadamkan api di kawasan hutan yang terbakar.

“Kita sudah mengambil tindakan untuk melakukan pemadaman di Hutan Pinus dan ada lagi satu unit dari Mako yang kita kirim ke Malino untuk membantu teman-teman yang ada di Malino,” katanya.

Rostam Razak menyebutkan, saat ini personel Damkar Gowa masih di lokasi untuk melakukan penyisiran dan pemadaman. Dirinya juga menurunkan personil dari Markas Komando (Mako) Damkar Kabupaten Gowa untuk membantu pemadaman di Malino.

Sementara itu, Camat Tinggimoncong, Iis Nurismi menyebutkan, kebakaran di kawasan hutan di Kota Malino ini diperkirakan terjadi pada Kamis siang hari ini.

Ia mengaku, proses pemadaman pun masih dilakukan di kawasan Hutan Pinus Malino hingga saat ini.

“Sementara ditangani dan saat ini terus dilakukan pemadaman di lokasi kebakaran,” ujarnya.

Sebelumnya, kebakaran lahan terjadi di Kawasan Hutan Pinus Malino, Kabupaten Gowa.

Kebakaran di Hutan Pinus Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa ini terjadi pada pagi sekitar pukul 11.30 Wita, dan hingga saat ini petugas masih melakukan pemadaman di sekitar lokasi. (*/)

  
error: waiit