banner 728x250    

Pj. Bupati Takalar buka Bimbingan Manasik Haji Reguler Tk. Kabupaten Takalar Tahun 1445H/2024 M

TAKALAR, INDIWARTA.COM – Bimbingan Manasik Haji merupakan proses pembekalan yang dilakukan Kementerian Agama kepada jemaah haji. Seperti yang dilaksanakan hari ini, Rabu (17/4/2024). Bimbingan manasik haji dibuka langsung oleh Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad .M.Dev,.Plg di Masjid Agung Takalar.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati mengatakan bahwa pemerintah sebagai penanggung jawab penyelenggaraan ibadah haji, berupaya semaksimal mungkin agar jemaah calon haji mendapatkan kemudahan, keamanan dan kenyamanan yang diperlukan oleh jemaah yang akan menunaikan ibadah haji, termasuk bimbingan manasik haji yang kita laksanakan pada hari ini.

   

“Dalam menjalankan ibadah haji dibutuhkan fisik dan mental yang kuat, untuk itu kepada seluruh jemaah agar senantiasa menjaga kesehatan dan melakukan pola hidup sehat, serta meluruskan niat dan menyempurnakan ikhtiar dengan penuh keikhlasan semata-mata mengharap ridho Allah SWT guna memenuhi panggilan-Nya” Ujarnya.

Ia menambahkan, para jemaah calon haji adalah orang-orang pilihan. Karena tidak semua orang mendapat panggilan untuk melaksanakan rukun islam ke 5 ini, untuk itu kita semua patut bersyukur atas kesempatan ini.

“Semoga para jemaah calon haji dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan lancar dan mudah sehingga kita dapat memperoleh haji yang mabrur dan kembali ke tanah air dengan sehat dan selamat.” tutup Dr. Setiawan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kementerian Agama Takalar Solihin S.Kom, MA melaporkan bahwa ada beberapa rangkaian manasik haji jemaah reguler diantaranya bimbingan manasik haji tingkat kabupaten dilaksanakan 2 kali dan bimbingan manasik haji tingkat kecamatan akan dilaksanaman selama 8 kali yang dimulai tgl 18 s/d 28 april 2024.

“Kuota jemaah haji takalar tahun 2024 sebanyak 272 orang dengan rincian 192 wanita dan 80 laki-laki. Dan akan bergabung dengan jamaah kabupaten pangkep pada kloter upg 19 embarkasi makassar dan akan masuk asrama haji pada tanggal 23 mei 2024 dan insya allah diberangkatkan ke arab saudi pada tanggal 24 mei 2024 pukul 17.00 wita” jelasnya.

Ia menambahkan kepada jemaah calon haji apabila ada yang tidak dipahami dalam pelaksanaan bimbingan manasik haji, hendaknya tidak ragu untuk bertanya kepada pembimbing manasik haji sehingga bisa mendapatkan pengetahuan yang baik dan benar tentang pelaksanaan ibadah haji. Karena semakin banyak pemahaman, pengetahuan, dan wawasan terkait pelaksanaan ibadah haji akan mempermudah mencapai haji yang mabrur.

Turut hadir dalam bimbingan manasik haji tersebut Kanwil Kementrian Agama Provinsi Sulsel H. Muh. Tonang, Petugas Haji Daerah Takalar sekaligus Kajari Soppeng H. Salahuddin, Ketua DPRD Takalar, Sekda Takalar, Kapolres Takalar, perwakilan Kajari Takalar, perwakikan Dandim 1426 Takalar, perwakilan Ketua Pengadilan Negeri Takalar, perwakilan Ketua Pengadilan Agama, Ketua Baznas Takalar, Ketua IPHI Takalar dan Pimpinan Cabang Bank Sulselbar, Mandiri dan BSI Takalar. (*)

  
error: waiit