Wisuda Unifa ke-XX, Sekda Takalar Lulus Magister dengan Predikat Summa Cumlaude

TAKALAR, INDIWARTA.COM – Universitas Fajar (Unifa) Makassar kembali mencetak 307 lulusan baru melalui prosesi wisuda ke-XX yang digelar di Sandeq room, Claro Hotel Makassar, Sabtu (25/5/2024). Terdiri dari 171 orang alumni Pascasarjana dan 136 orang alumni program Sarjana.

Salah seorang lulusan baru program Pascasarjana yang turut diwisuda adalah Muhammad Hasbi yang merupakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Takalar.

   

Capaiannya pun sangat membanggakan. Ya, Hasbi berhasil menyelesaikan studi magister Ilmu Komunikasi di Unifa dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 4,0 atau predikat Summa Cumlaude.

Magister Ilmu Komunikasi ini merupakan gelar S2 kedua yang diampuh Sekda Takalar, setelah sebelumnya telah bergelar Magister Administrasi Publik (MAP). Saat ini, ia sedang dalam tahap penyelesaian program doktoral Ilmu Pemerintahan (S3) di Jakarta.

Rektor Unifa Makassar, Muliyadi Hamid dalam sambutannya, menyampaikan capaian prestasi wisudawan. Dimana, rata-rata capaian IPK mahasiswa program Sarjana adalah 3,49 dengan masa studi rata-rata 4 tahun 8 bulan. Sedangkan IPK rata-rata program Magister 3,84 dengan masa studi rata-rata selama 1 hingga 2 tahun.

”Para wisudawan patut bersyukur karena berkesempatan mengenakan busana kebesaran akademik yang menandai berakhirnya satu fase pendidikan formal. Untuk memakai toga itu, butuh kerja keras, ketabahan, kegigihan, juga butuh keikhlasan dan pengorbanan,” ujarnya.

“Gelar Sarjana atau Magister adalah sebuah gelar akademik yang menunjukkan level kemampuan berpikir dan kemampuan menyelesaikan masalah melalui pendekatan ilmiah dan perspektif akademik bagi pemiliknya. Sementara seluruh peralatan dan instrumen teoritik yang dibutuhkan dalam penyelesaian masalah terus berubah dan berkembang,” ungkap Muliyadi menambahkan.

Sebelumnya, pada pembacaan nilai akhir ujian tutup program magister ilmu komunikasi (MIKOM) yang berlangsung di ruang rapat rektorat kampus Unifa, Senin (4/3/2024) lalu, Hasbi mampu mempertahankan IPK 4,0 yang sangat memuaskan (Summa Cumlaude).

Alumnus STPDN Angkatan XII ini paparkan strategi komunikasi yang dibangun dalam mempererat hubungan komunikasi antara lembaga eksekutif dan legislatif terutama dalam menetapkan APBD kabupaten Takalar. “Poinnya tekun, fokus dan ikuti tahapan,” pungkasnya.(*)

  
error: waiit