banner 728x250    

Sejarah Baru, Indonesia Lolos Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Indiwarta.com_ QATAR – Akhirnya, tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2023, berhasil digenggam Timnas Indonesia.

Sejarah tercipta bagi timnas Indonesia, dengan lolos ke fase gugur Piala Asia 2023.

   

Skuad Garuda melaju ke babak 16 besar turnamen di Qatar, seturut skor imbang 1-1 antara Kirgistan dan Oman pada laga terakhir Grup F, Kamis, (25/1/2024) malam.

Bermain di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, laga tersebut berakhir 1-1.

Hasil itu sudah cukup meloloskan Indonesia lewat jalur peringkat tiga terbaik. Anak asuh Shin Tae-yong mengemas 3 poin, berada di posisi 4 pada klasemen tim peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023.

Sementara Oman, yang sebelumnya harus menang, harus puas menjadi juru kunci di klasemen tim peringkat tiga dengan 2 poin.

Indonesia sendiri mengemas tiga poin hasil sekali kemenangan di fase grup. Tim Merah Putih bisa mengatasi Vietnam 1-0, meski kalah Irak dan Jepang dengan skor masing-masing 1-3.

Bagi Indonesia, kelolosan ini bersejarah, sebab menjadi yang pertama kali dirasakan. Sebelumnya, Indonesia cuma mentok di fase grup, dalam empat kesempatan sebelumnya.

Di Laga babak 16 besar, Indonesia akan bertemu Australia, pada Minggu, (28/1/2024).

Indonesia bukan satu-satunya wakil Asia Tenggara yang berhasil menembus 16 besar. Thailand juga lolos sebagai runner-up Grup F dan akan melawan Uzbekistan.

Big match di babak ini adalah pertemuan Arab Saudi dengan Korea Selatan, yang layak dibilang final kepagian.

Lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Ketua umum PSSI Erick Thohir mengucapkan rasa syukurnya atas kelolosan ini.

“Alhamdulillah, sejarah baru untuk sepak bola Indonesia. Satu tempat di 16 besar Piala Asia 2023 bisa diamankan Timnas Indonesia,” cuitnya di media sosial X.

“Perjuangan luar biasa dari pemain, pelatih, dan ofisial untuk bisa membawa Indonesia ke babak 16 besar. Serta doa seluruh masyarakat Indonesia yang tak pernah berhenti untuk Timnas.” ucapnya.

“Perjuangan belum selesai, kita berikan yang terbaik untuk membawa #GarudaMendunia!” tutup cuitannya.

Alhamdulillah, sejarah baru untuk sepak bola Indonesia. Satu tempat di 16 besar Piala Asia 2023 bisa diamankan Timnas Indonesia 🇮🇩. (*/Arman)

  
error: waiit