banner 728x250    

Tim SAR Evakuasi 4 Pendaki Hipotermia di Gunung Bawakaraeng

Indiwarta.com_ GOWA, Empat pendaki di Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), mengalami hipotermia. Tim SAR yang menerima laporan, kemudian mengevakuasi keempatnya.

“Malam tadi kami terima laporan dari bagian registrasi tentang adanya 4 orang pendaki yang mengalami gejala hipotermia di Gunung Bawakaraeng,” ucap Kepala Basarnas Makassar, Mexianus Bekabel melalui keterangannya, Senin (31/7/2023).

   

Mexianus mengatakan, pihaknya menerima laporan terkait 4 pendaki mengalami hipotermia di Gunung Bawakaraeng, pada Minggu (30/7/2023). Dia kemudian mengutus satu tim jungle rescue, untuk membantu proses penyelamatan.

“Tim berangkat sekitar pukul 23.45 Wita (Minggu) dan langsung menuju ke lokasi melalui jalur Bulu Balea,” ungkapnya.

Tim Rescue Basarnas dan Potensi SAR menuju ke pos 7 dan menemukan korban di sekitar pos 5 dan pos 6. Keempatnya kemudian dibawa ke lereng gunung, Desa Lembanna, Kecamatan Tinggimoncong, Gowa.

Mexianus menuturkan, keempat pendaki tersebut melakukan pendakian pada Minggu (30/7/2023). Namun saat hendak kembali ke pos 5, mereka mengalami hipotermia.

“Saat hendak kembali ke pos 5, korban mengalami hipotermia sehingga sulit untuk melanjutkan perjalanan,” kata Mexianus.

Saat dilakukan evakuasi, ternyata hanya satu orang mengalami hipotermia bernama Dapiol. Pendaki tersebut segera dievakuasi turun ke hutan pinus Lembanna.

“Pendaki yang alami hipotermia atas nama Dapiol, dibantu Tim SAR Gabungan menuruni Gunung Bawakaraeng hingga Hutan Pinus Lembanna,” tuturnya. (*/)

  
error: waiit